Pembelajaran IPS di SMP

November 22, 2008 at 7:26 am Tinggalkan komentar

saya21    Latar Belakang

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.

Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.

Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

B.     Tujuan

Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1)      Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya

2)      Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial

3)      Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan

4)      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

C.     Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1)      Manusia, Tempat, dan Lingkungan           

2)      Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan

3)      Sistem Sosial dan Budaya

4)      Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.


D.     Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.      Memahami lingkungan kehidupan manusia

1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan

1.2 Mendeskripsikan  kehidupan  pada  masa  pra-aksara di Indonesia

2.     Memahami kehidupan sosial manusia

 

2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk  interaksi sosial

2.4 Menguraikan proses interaksi sosial

3.     Memahami usaha manusia

memenuhi kebutuhan

3.1  Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan

3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi  berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

 

Kelas VII, Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

4.      Memahami usaha manusia untuk mengenali  perkembangan lingkungannya

 

 

 

4.1       Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan

4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi

4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk

4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan

5.      Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa

 

 

 

 

 

5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan-peninggalannya

5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya

5.3       Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa

 

 

 

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

6.    Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi

6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

6.3 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi

6.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

 

Kelas VIII, Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.      Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk

 

 

 

 

 

 

1.1                   Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk

1.2                   Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya

1.3       Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan

1.4 Mendeskripsikan permasalahan  kependudukan dan dampaknya terhadap pembanguna

2.      Memahami proses kebangkit an nasional

 

2.1  Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah

2.2  Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia

3.      Memahami masalah penyimpangan sosial

3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

4.       Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat

4.1   Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

4.2   Mendeskripsikan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan,  koperasi, dan negara

4.3  Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.


Kelas VIII, Semester  2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

5.      Memahami usaha persiapan kemerdekaan

 

 

5.1       Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia

5.2       Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia

6.      Memahami pranata dan penyimpangan sosial

 

6.1       Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial

6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

6.3 Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial

7.      Memahami kegiatan perekonomian Indonesia

7.1       Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya

7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia

7.3 Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional

7.4 Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta  terbentuknya harga pasar

 

Kelas IX,  Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.      Memahami kondisi perkembangan negara di dunia

 

 

1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

2.      Memahami usaha memper tahankan kemerdekaan

 

2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

2.2       Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan

3.      Memahami perubahan sosial budaya

 

3.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat

3.2  Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan


 

4        Memahami lembaga    keuangan dan perdagangan     internasional

4.1  Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan

4.2  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia

 

Kelas IX,  Semester  2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

5.   Memahami hubungan manusia dengan bumi

 

 

 

 

5.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola  muka bumi

5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan  penduduk di kawasan Asia Tenggara

5.3 Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera

 

6.      Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia

 

6.1       Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut  Irian Barat

6.2  Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII,  G 30 S/PKI  dan konflik-konflik internal lainnya

 

7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional

7.1       Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi

7.2 Menguraikan perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional

7.3 Menguraikan  perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global

7.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi

7.5 Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia

 

 

E.     Arah Pengembangan

 

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

F.      Karakteristik Mata Pelajaran IPS

 

Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan matapelajaran – matapelajaran lainnya, tidak terkecuali mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk SMP memiliki sejumlah karaktristik tertentu, yang antara lain seperti berikut :

1.      IPS merupakan perpaduan dari beberapa disiplin ilmu sosial antara lain : Sosiologi, Geografi, Ekonomi dan Sejarah.

2.      Materi bagian IPS terdiri atas sejumlah konsep, prinsip dan tema yang berkenaan dengan hakekat kehidupan manusia sebagai makhluk sosial (homo Socious).

3.      Kajian IPS dikembangkan melalui tiga pendekatan utama, yaitu functional-approach, interdicipliner-approach, dan multidicipliner-approach.

4.      Materi IPS senantiasa berkenaan dengan fenomena dinamika sosial, budaya, dan ekonomi yang menjadi bagian integral dalam kehidupan masyarakat dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat baik dalam skala kelompok masyarakat, lokal, nasional, regional, dan global.

 

Entry filed under: Pembelajaran IPS, Uncategorized. Tags: .

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN KOOPERATIF TERPADU SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2008
S S R K J S M
     
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: